• 4 Februari 2021
  • Admin

source : businesspartnermagazine.com

Kemasan makanan menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Dengan menggunakan jenis kemasan makanan yang tepat, pastinya akan membuat produk makananmu menjadi lebih menarik. Fungsi berbagai jenis kemasan makanan ini tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhanmu dalam mengemas makanan. Dengan demikian, maka  produk makananmu akan dikemas dengan baik dan aman. Kamu harus mengenali karakter makanan maupun kemasan agar menggunakannya sesuai dengan fungsinya.

Fungsi utama suatu kemasan makanan ini adalah untuk melindungi makanan agar tidak tumpah. Selain itu, dengan adanya kemasan, maka makanan akan lebih higienis. Jenis kemasan makanan yang tepat akan membuat makananmu terlindungi dengan baik dan benar. Makanan yang sudah terlindungi ini pastinya akan lebih aman dari adanya kontaminasi berbagai kotoran dan bakteri.

Fungsi lainnya dari kemasan makanan ini adalah untuk mempercantik display produk. Dengan menggunakan jenis kemasan yang menarik, maka produk makananmu akan diwadahi dengan wadah yang bagus. Wadah yang bagus ini juga bisa berguna untuk menarik minat para pembeli untuk memilih produk makananmu. Maka, gunakanlah jenis kemasan makanan semenarik mungkin.

Lalu, apa saja jenis kemasan makanan yang menarik dan mudah untuk digunakan dalam industri bisnis kuliner? Berikut kami rangkum berbagai ide jenis kemasan makanan yang cocok untuk kamu.

Ide Jenis Kemasan Makanan yang Menarik Untuk Pelaku Bisnis!

Bento Lunch Box yang Lucu

Source www.yummytoddlerfood.com
source : www.yummytoddlerfood.com

Jenis kemasan makanan satu ini berasal dari Jepang. Dengan menerapkan penataan makanan yang cantik, membuat pengemasan makan siang ini terlihat lebih menarik. Penggunaan bento box sebagai salah satu jenis kemasan makanan ini ternyata mampu untuk meningkatkan nilai jual suatu makanan lho. Bentuk kemasan makanan ini tentu saja menjadi lebih cantik dan tertata dengan lebih baik.

Biasanya lunch box bento berisikan nasi atau berbagai karbohidrat, sayuran, daging atau lauk yang lain, buah, dan minuman. Dalam satu set lunch bento box ini biasanya berisi dengan makanan yang lengkap untuk makan siang. Dengan jenis kemasan ini, pastinya membuat makan siang lebih lezat dan menggiurkan bukan?

Selain itu, bentuk bento box ini biasanya memiliki sekat untuk memisahkan jenis makanan itu sendiri. Dengan adanya sekat di dalam bento box, pastinya akan mencegah makanan dengan jenis yang berbeda akan tercampur. Jenis kemasan bento box sangat disukai oleh anak-anak karena pengemasannya biasanya juga menggunakan bentuk karakter yang lucu.

Kemasan Snack Box yang Cantik

source : fulfillrite.com

Beberapa tren belakangan ini banyak yang menjual berbagai ragam jenis snack box. Jenis kemasan makanan ini menggunakan bahan baku dari kardus atau karton tebal. Biasanya, snack box digunakan untuk berbagai kemasan makanan ringan atau berbagai kue dan dessert. Dengan menggunakan kemasan ini, tentu saja membuat snack yang dikemas menjadi lebih cantik lagi.

Beberapa penjual juga melakukan inovasi penjualan snack box yang diisi dengan berbagai makanan ringan dan coklat beserta kartu ucapan yang membuatnya makin eksklusif. Pengemasan dengan cara ini sangat cocok digunakan untuk kado dan hadiah kepada teman dan keluarga.

Penggunaan jenis kemasan snack box memiliki kelebihan pada kemasannya yang kokoh dan memiliki bentuk yang simetris. Dengan bentuk seperti ini, tentunya membuat bentuk makanan di dalamnya akan lebih aman dan tidak mudah rusak. 

Penggunaan kemasan snack box ini juga bisa dijumpai di berbagai acara, misalnya adalah di acara seminar, pengajian, dan lain sebagainya. Kemasan snack box pada hal ini biasanya menggunakan karton tebal yang dilipat dan membentuk balok. Ukurannya juga bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.

Kemasan Standing Pouch yang Banyak Diminati

Beberapa waktu belakangan ini, kemasan standing pouch menjadi idola bagi banyak industri, khususnya pada bisnis kuliner. Penggunaan standing pouch sebagai kemasan produk ini dinilai memiliki keunggulan pada bentuknya yang mudah untuk berdiri dengan kokoh sehingga membuat produk di dalamnya tetap bisa terdisplay dengan baik di dalamnya.

Penggunaan jenis kemasan makanan dengan menggunakan standing pouch biasanya digunakan untuk mengemas aneka makanan ringan. Misalnya adalah keripik, berbagai cemilan, makanan instan siap saji, biskuit, dan lain sebagainya. Beberapa jenis standing pouch juga digunakan sebagai wadah minuman kekinian lho, seperti ice tropical yang menggunakan standing pouch berwarna bening dan memperlihatkan isi di dalamnya.

Kemasan Food Pail 

source : 3talheres.com.br

Jika kamu suka mengkonsumsi berbagai rice box atau noodle box pastinya tidak asing dengan jenis kemasan makanan satu ini. Kemasan ini biasanya akan dilengkapi dengan sendok, garpu, atau sumpit lipat yang bisa dibawa ke mana saja untuk memudahkan kamu dalam memakannya. Biasanya kemasan jenis ini dipakai untuk berbagai makanan yang dimakan untuk kebutuhan di perjalanan, misalnya adalah mie cup.

Penggunaan kemasan ini sudah banyak dipilih karena cukup praktis untuk dipakai sehingga memudahkan kamu dalam menggunakannya, apalagi ketika di dalam perjalanan yang cukup jauh. Menarik sekali bukan? Bahan yang digunakan dalam kemasan ini pastinya harus tebal dan kokoh agar mampu menopang makana di dalamnya. 

Penggunaan Kemasan Sterofoam untuk Makanan

Bagi beberapa jenis makanan, kemasan makanan yang digunakan adalah menggunakan bahan bakar sterofoam. Bahan ini berasal dari jenis gabus dengan memenuhi syarat standar konsumsi sehingga aman digunakan untuk wadah makanan. Jenis kemasan ini biasanya digunakan untuk berbagai makanan yang dimakan untuk kebutuhan jarak jauh atau yang ingin praktis.

Variasi dari kemasan dengan bahan ini biasanya bisa dijumpai dalam berbagai kemasan mi cup instan, kemasan nasi box, kemasan jajanan kaki lima, dan lain sebagainya. Kelebihan dari kemasan ini adalah tidak mudah tumpah dan kedap air sehingga aman digunakan untuk berbagai jenis makanan yang mengandung kuah.

Sedangkan kelemahan yang ada dari jenis kemasan ini adalah tidak ramah lingkungan. Penggunaan jenis kemasan makanan ini sulit terurai sehingga akan menyebabkan penumpukan sampah dalam jangka waktu yang lama. Dengan kemasan ini, kekurangan lainnya adalah tidak baik digunakan untuk wadah makanan panas. 

Uap panas yang muncul dari makanan dan terkena dengan lapisan sterofoam disebut dapat memicu kanker karena reaksi di dalamnya. Maka disarankan untuk menggunakan kemasan ini ketika makanan sudah tidak terlalu panas, atau ketika uap panas dari makanan di dalamnya sudah berkurang. 

Kemasan Paper Packaging yang Ringkas

Source : www.theparliamentmagazine.eu

Jenis kemasan satu ini menjadi salah satu jenis kemasan yang disukai karena mudah untuk digunakan. Jenis kemasan ini biasanya juga dikenal dengan istiah food to go packing sehingga bisa digunakan untuk langsung pergi. Berbagai kemasan ini tentu saja menggunakan kertas yang ketebalannya disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis makanan.

Jenis kemasan makanan ini banyak digunakan untuk berbagai jenis makanan, misalnya adalah burger, kentang goreng, nugget, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan kemasan ini, biasanya digunakan untuk berbagai ragam fast food. Maka dengan demikian, kemasan ini memang cocok untuk berbagai kebutuhan pembungkusan makanan ini.

Muffin Box untuk Kemasan Kue

source : www.webpackaging.com

Kemasan jenis ini biasanya memiliki bentuk yang lucu. Jenis kemasan makanan satu ini didesain khusus untuk Anda yang akan menggunakannya sebagai kemasan berbagai muffin maupun cupcake dengan ukuran yang imut. Jenis box ini biasanya memiliki bentuk balok dengan lubang di dalamnya, terdapat sekat untuk peletakkan kue atau cupcake ini.

Dengan kemasan jenis ini, tentu saja bisa membuat kondisi cupcake maupun muffin yang ada di dalam box akan aman dan tidak mudah terguncang. Hal ini akan menjaga kondisi cupcake atau muffin di dalamnya tetap rapi dan tidak rusak. Menarik sekali bukan? Berbagai kemasan muffin box ini juga didesain dengan warna yang lucu dan ditambah dengan kartu ucapan yang membuatnya makin eksklusif.

Cup Kemasan yang Praktis

Salah satu jenis kemasan makanan yang digemari dan banyak digunakan adalah cup gelas plastik. Jenis kemasan untuk minuman ini banyakj digunakan di berbagai kafe dan kedai kopi yang memberikan layanan take away. Berbagai kemasan yang tersedia di kafe ini menyajikan banyak jenis cup plastik dengan desain yang menarik.

Adanya berbagai desain di cup ini membuat kemasan cup menjadi lebih menarik. Di berbagai cup kafe ini biasanya juga diberi tambahan ilustrasi dan quote. Dengan demikian, maka membuat kemasan menjadi lebih menarik dan bernilai tinggi lho.

Kemasan Vacuum untuk Frozen Food

source : wholefully.com

Salah satu tren yang cukup ramai di dunia kuliner adalah frozen food. Jenis kemasan yang cocok untuk makanan ini adalah menggunakan kemasan vacuum. Kemasan ini biasanya menggunakan plastik high grade sehingga membuat kemasan akan aman dan terjamin dari udara yang bisa membuat makanan menjadi terkontaminasi. Adanya kemasan jenis ini membuat makanan akan lebih awet lho.

Daya tahan dari makanan di dalamnya harus bisa tahan lama, maka udara di dalam kemasan harus divacuum. Biasanya bahan dari kemasan jenis ini adalah menggunakan bahan nylon yang tebal. Sebelum dikemas, nanti ada proses vacuum udara dengan menggunakan alat khusus. Menarik sekali bukan?

Menggunakan Kemasan Botol

source : www.verywellhealth.com

Ternyata kemasan jenis ini sangat disukai karena beberapa kelebihannya lho. Jenis kemasan makanan dengan menggunakan botol bukan menjadi hal yang asing. Saat ini, penggunaan botol bisa dipakai untuk mengemas makanan dan jenis yag beragam. Jika dulu jenis botol ini biasanya digunakan untuk mengemas minuman, maka kemasan ini bisa digunakan untuk mengemas makanan lho.

Beberapa jenis makanan yang bisa dikemas dengan menggunakan botol ini antara lain bubuk cae, saus, kecap, dan lainnya. Dengan menggunakan kemasan botol, maka makanan di dalamnya tidak akan mudah untuk tumpah dan bisa dibawa ke mana saja. Mudah dan menyenangkan bukan?

Kemasan Makanan dengan Bahan Alam

Salah satu jenis kemasan makanan yang diminati beberapa waktu ini adalah kemasan dengan menggunakan bahan alam. Berbagai bahan alam yang digunakan untuk kemasan makannan ini antara lain daun pisang, daun jati, anyaman bambu, dan olahan kayu. Dengan menggunakan kemasan ini, dipercaya bisa menambah cita rasa yang khas dari makanan di dalamnya.s

Selain itu, dengan menggunakan kemasan dari bahan tradisional akan memberi nilai estetik dan khas makanan tradisional. Pemanfaatan kemasan makanan dengan bahan ini juga dinilai bisa lebih ramah lingkungan dan tidak memberikan sampah yang sulit diurai. Menarik bukan?

Demikian tadi beberapa jenis kemasan makanan yang bisa kamu gunakan untuk bisnis makanan sesuai dengan keinginanmu. Mana yang paling menarik?